Pilar Kesuksesan dalam Bisnis Asuransi Allianz

Di dalam bisnis asuransi, kalau kita mencermati berapa banyak orang yang berhasil dan berapa banyak yang gagal, maka kita akan menemukan data yang menunjukkan bahwa orang yang berhasil jauh lebih sedikit dibanding orang yang gagal.

Tentu saja hal ini akan menjadi tolok ukur masyarakat dalam menilai keberhasilan seseorang dalam bisnis ini. Sebenarnya parameter ini akan sama bila kita mencermati dalam bisnis apapun dalam berbagai sektor. Dimana faktor keberhasilan selalu lebih sedikit dibanding yang gagal.

Namun bila kita lebih cermat dalam menentukan keputusan tentunya akan memperbesar peluang keberhasilan. Oleh karena itu saya selalu memberikan sebuah ‘parameter’ sederhana untuk membantu menentukan keputusan bila kita sudah menentukan akan berbisnis di industri asuransi jiwa

Pilar Pertama : PERUSAHAAN

Karena kita berada dalam bisnis keuangan maka diperlukan sebuah perusahaan yang solid. Karena pada dasarnya kita akan menjual produk asuransi jiwa kepada orang orang yang kita kenal, bahkan pada orang orang dekat, atau keluarga.

Kita sebagai penjual, bertanggung jawab secara moral terhadap dana yang mereka keluarkan. Dan produk asuransi jiwa yang kita jual adalah termasuk produk dengan manfaat jangka menengah panjang.

Pilar Kedua : PRODUK

Berada dalam perusahaan yang bagus dan solid akan membantu memberi kepercayaan kepada nasabah dan calon nasabah. Namun dengan mempunyai produk yang bagus tentu akan membantu dalam melakukan penjualan dan presentasi.

Produk bagus bukan berarti produk yang terbaik, namun produk yang memberi keuntungan kepada 3 pihak. Yaitu Agency (mitra bisnisnya yaitu kita), nasabah, dan perusahaan.

Produk memberi keuntungan berupa kompensasi kepada penjual dan team. Banyak produk bagus namun tidak menghasilkan premi bagi perusahaan karena hanya memberi komisi kecil. Padahal ujung tombak penjualan ada di tangan mitra/agen.

Sedangkan produk dengan komisi bagus, namun tidak memberi manfaat bagus, baik manfaat klaim meninggal atau klaim kesehatan bagi nasabah akan menyulitkan penjualan karena tidak bersaing di pasar industri asuransi dengan kompetitor. Selain itu produk ini pun harus mampu memberikan keuntungan yang optimal bagi perusahaan.

Banyak pengalaman dari banyak perusahaan asuransi yang menghentikan penjualan produk yang sangat laku di pasaran, karena secara bisnis perusahaan tidak mendapat keuntungan, bahkan beberapa produk malah menimbulkan kerugian. Produk asuransi yang tidak menguntungan perusahaan pasti tidak bisa bertahan dalam jangka panjang.

Tentu saja akan lebih baik lagi bila perusahaan asuransi mempunyai produk  asuransi yang unik, artinya produk nya yang tidak dimiliki oleh perusahaan asuransi yang lain. Kompetitor tidak mampu melakukannya, karena keterbatasan sumber daya. Hal ini akan sangat membantu di dalam penjualan.

Pilar Ketiga : SISTEM dan SUPPORT

Pilar ketiga ini merupakan bagian yang tidak kalah penting karena berpengaruh dengan penghasilan dan cara kerja. Yang perlu Anda perhatikan dalam sistem bisnis dalam sebuah bisnis asuransi adalah ketika  apakah bisnis ini pada akhirnya dapat memberikan Anda passive income layaknya seseorang yang membangun bisnis?

Karena ada bisnis asuransi yang sistem bisnis nya hanya berfokus pada penjualan. Sehingga Anda harus berjuang terus tanpa bisa berhenti, bahkan sampai akhir hayat.

Dan seperti layaknya sebuah bisnis konvensional lainnya, pastikan juga kalau bisnis asuransi nya harus memiliki hukum yang bisa diwariskan. Anda jangan hanya tergiur dengan iming iming komisi yang besar. Anda harus pelajari sistem kompensasi jangka panjangnya baik baik.

Karena bisnis asuransi ini sebenarnya bukan hanya melulu tentang penjualan yang kahirnya membuat Anda harus berjualan seumur hidup. Tetapi yang benar adalah bagaimana sistemnya dapat membantu untuk membangun bisnis jangka panjang yang dapat menghasilkan pasif income serta dapat diwariskan.

Bagaimana dengan support? Support disini merupakan support sistem yang dimiliki oleh grup Anda. Support sistem adalah sebuah roadmap yang harus ikuti untuk menuju puncak.

Jangan sampai Anda yang berada dalam perusahaan asuransi yang tepat, yang memiliki produk asuransi yang bagus dan unik, namun berada dalam grup yang salah sehingga akan menyulitkan Anda untuk berkembang.

Pilar Keempat : DIRI SENDIRI

Pilar keempat inilah bagian yang terpenting yang akan menentukan kesuksesan Anda. Karena pilar ini tergantung diri Anda sendiri yaitu seberapa besar Anda ingin dan berharap akan sukses. Banyak orang hanya menginginkan kesuksesan namun menghindari prosesnya.

Bisnis asuransi Allianz memang memberikan peluang bagi setiap mitra/agen untuk memperoleh penghasilan besar, namun seperti bisnis bisnis lainnya, pastinya bisnis ini juga bukan merupakan sebuah bisnis yang mudah untuk dijalankan.

Dibutuhkan semangat yang besar untuk selalu belajar. Sering saya menemui agen yang tidak pernah mau belajar. Selalu mempunyai alasan untuk tidak mengikuti training. Namun di luar acara training mereka selalu menanyakan hal hal yang diajarkan di kelas training.

Mereka ibarat gelas yang sudah penuh, apapun yang diisikan selalu tumpah keluar. Menurut Anda, apakah orang orang seperti ini bisa sukses dalam bisnis asuransi ini ?

Bisnis asuransi Allianz ini adalah bisnis yang unik. Saya menyebutnya sebagai bisnis manusia karena berhubungan dengan segala bentuk karakter manusia dengan perbedaan latar belakang, pendidikan dan status sosial. Mulai saat menjual, menghadapi berbagai tolakan, mengatasi tekanan, semuanya perlu dipelajari.

Saat sudah menjadi leader, juga harus mempunyai kompentensi untuk mengembangkan team. Bagaimana mengatasi sifat dan karakter orang lain termasuk memotivasi orang lain.

Ingat kalau Mitra/agen kita bukanlah karyawan kita yang bisa diperintah seenaknya. Mereka adalah mitra bisnis kita. Tugas kita adalah membantu mereka untuk sukses. Dan disinilah diperlukan banyak keterampilan untuk menjalankan bisnis ini.

Mendapatkan perusahaan dengan management yang baik dan solid. Mempunyai produk yang bagus dan unik sehingga sangat membantu dalam melakukan penjualan. Masuk di dalam grup yang mempunyai support system yang terbukti handal, belum merupakan jaminan Anda menjadi sukses. Karena kunci terpenting ada dalam diri Anda sendiri.

Empat pilar ini patut Anda pertimbangkan sebagai pilar kesuksesan Anda di bisnis asuransi Allianz ini.

daftar menjadi agen asuransi allianz