Persiapan Membuat Blog

Mungkin saat ini Anda sudah nggak sabar ingin membuat blog untuk mendukung bisnis asuransi Allianz yang sedang Anda jalankan. Lalu apa saja yang harus disiapkan untuk membuat blog/website?

1. Hosting

Yang pertama harus Anda siapkan adalah hosting. Hosting adalah tempat dimana Anda menyimpan file-file website atau file-file blog Anda. Saya nggak akan jelaskan hal-hal teknikal-nya, namun ketika memilih hosting sebaiknya Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan Anda, dan juga review dari orang lain. Jangan sampai salah memilih hosting yang jelek kualitasnya.

Bagi Anda yang bergabung menjadi Mitra/Agen di grup ini, maka kami menyediakan paket hosting dengan harga diskon tetapi dengan kualitas yang bagus sehingga tentunya bisa menghemat pengeluaran Anda apabila Anda memang serius ingin membangun blog untuk mendukung bisnis asuransi Anda.

2. Nama Domain

Nama domain adalah url website Anda atau url blog Anda. Contoh domain name adalah: www.google.com, www.agen-asuransi.net, dll Sekarang hal yang harus Anda perhatikan adalah, nama domain seperti apa yang harus Anda pilih?

Saya selalu menyarankan untuk menggunakan nama domain yang mengandung nama bisnis Anda (tidak boleh mengandung nama merek/brand dari perusahaan Asuransi Anda karena brand/merek itu memiliki Trademark dan Copyright), atau jika Anda ingin nama lain, gunakan nama yang simpel yang nanti bakal jadi branding Anda.

Bagi Anda yang bergabung menjadi mitra/agen di grup ini, Anda juga tidak perlu kuatir karena kami juga dapat membantu memberikan saran kira kira nama domain apa yang sesuai untuk mendukung bisnis asuransi Allianz yang akan Anda jalankan. Kami juga dapat membantu Anda untuk membelikan nama domain sesuai dengan yang Anda inginkan.

3. WordPress

WordPress adalah Content Management System (CMS) yang biasa digunakan untuk blogging ataupun membuat website. Content Management System atau disingkat CMS adalah tempat kita mengelola konten kita, tempat kita menulis konten, mengupload gambar, mengatur opt-in, dan lain sebagainya. Saya mengarankan untuk menggunakan WordPress karena mudah sekali digunakan serta banyak sekali plugin yang tersedia dan supportnya bagus.

Bagi Anda yang masih pemula di dunia blogging maka Anda tidak perlu kuatir apabila Anda merasa skill untuk membuat blog ini sangat sulit bahkan menggunakan CMS sekalipun. Bagi Anda yang menjadi mitra/agen di grup ini maka kami dapat membantu merekomendasikan web desainer profesional yang dapat membantu untuk membuatkan sebuah blog untuk Anda dengan harga yang terjangkau.

4. Themes

Sebetulnya themes tidak terlalu penting, tapi kalau dipikir-pikir lagi, themes juga memegang peranan penting dalam branding. Semakin bagus dan clean tampilan website Anda, maka semakin orang merasa nyaman dan percaya kepada Anda.

Bagi Anda yang bergabung menjadi mitra/agen di grup ini maka kami dapat memberikan beberapa masukan mengenai tampilan desain dan theme yang mungkin cocok untuk mendukung bisnis asuransi Allianz yang akan Anda jalankan. Jika Anda bingung bagaimana membuat sebuah blog yang elegan secara desain maka kami dapat merekomendasikan web desainer profesional yang dapat membantu Anda membuatkan nya dengan harga yang terjangkau.

Berapa Lama Sampai Blog yang telah dibuat itu Menghasilkan? Pertanyaan ini sering banget saya dapatkan di email saya. Saya yakin, pertanyaan ini muncul karena Anda nggak sabar menunggu hasilnya.

“Kok, sudah sebulan ngga ada hasil? Kok udah tiga bulan ngga ada hasil? Kok udah enam bulan ngga ada hasil?”

Sabar. Semuanya perlu waktu. Buang jauh-jauh “mindset mie instan” tersebut. Saya sendiri nggak bisa berikan jawaban pasti untuk pertanyaan yang ini. Tapi, semakin Anda fokus memberikan konten-konten yang bagus, dan menjalankan strategi blogging yang tepat, maka Anda akan semakin cepat melihat hasilnya.

Kalau saya pribadi baru melihat hasil di bulan ketiga. Saat itu saya mendapatkan satu orang yangmembeli produk asuransi saya melalui blog. “Small progress is still a progress”. Dan progress kecil itulah yang membuat saya nggak pernah berhenti sampai sekarang.

Mungkin sebelumnya banyak diantara Anda yang sebelumnya ngga ngerti fungsi dari blog itu apa. Tapi saya yakin, sekarang Anda sudah lebih ngerti fungsi dari blog dalam menjalankan bisnis Asuransi. Ketika Anda membangun bisnis secara online, itu artinya Anda “menampakkan” diri Anda pada banyak orang. Banyak orang jadi tahu siapa diri Anda, apa bisnis Anda, apa produk Anda, dan lain sebagainya.

Dengan blog, Anda bisa memasarkan konten, dan tentunya konten-konten yang Anda berikan adalah konten yang menarik bagi prospek Anda, sehingga prospek Anda otomatis tertarik dan mampir ke blog Anda. Selama mereka asyik membaca artikel Anda, maka secepatnya dapatkan email atau nomor telepon mereka.

Setelah itu bangun relationship secara konsisten hingga terbentuk trust. Dari situlah Anda mulai bisa menawarkan produk Anda atau bahan mengajak mereka untuk menjadi partner bisnis Anda. Sebetulnya, alurnya mudah sekali, pertama bangun audience, setelah audience terbentuk, maka jalin relationship, dan setelah terbentuk trust, maka tawarkan produk asuransi atau peluang bisnis Asuransi Anda.

Build Audience -> Build Relationship -> Closing

Simple bukan ?

daftar menjadi agen asuransi allianz