Manfaatkan Facebook untuk Menjalankan Bisnis

Orang mau membeli atau join di bisnis Anda karena adanya trust. Trust ini muncul dari relationship. Semakin sering Anda berinteraksi dengan orang tersebut, maka trust juga akan muncul dengan sendirinya. Facebook sendiri dibangun berdasarkan “relationship”.

Tujuan dari platform ini adalah untuk menjaring pertemanan. Mengumpulkan kembali teman-teman atau saudara-saudara yang jauh atau bahkan lama nggak bertemu.

Jika Anda sudah memiliki akun facebook, seperti apa profile picture Anda juga sangatlah berpengaruh bagi relationship Anda. Coba bayangkan bila Anda menemukan teman lama Anda kemudian Anda add dia.

Bila profile picture Anda tidak jelas, maka otomatis dia akan mengabaikan ajakan Anda untuk berteman. Bukan sombong atau apa, tapi memang karena profile picture Anda yang tidak jelas.

Sebisa mungkin pasang profile picture yang jelas,  seperti foto Anda sendiri, jangan gambar kartun, gambar puppy peliharaan Anda atau bahkan foto orang lain ? Pasang foto dari jarak dekat, jangan terlalu jauh, dan usahakan pasang foto Anda yang terbaik, yang senyum lebar, dan friendly.

Foto bakal mempengaruhi pikiran orang, apakah dia mau menerima Anda sebagai teman atau tidak. So be wise dengan profile picture Anda. Kelihatannya sepele, namun sangat berpengaruh. Informasi diri juga sangat penting. Tuliskan informasi diri Anda yang sebenar-benarnya dan selengkap-lengkapnya.

Biasanya orang lain akan melihat profile picture Anda terlebih dahulu, dan bila mereka tertarik, maka informasi diri Anda yang kemudian jadi sasaran mereka.  Jadi tulislah data diri yang benar. Pastikan bahwa akun Anda ini benar-benar punya seseorang dan bukan akun abal abal.

Bila orang lain yang memiliki hobi nge-gym kemudian melihat Anda juga memiliki hobi yang sama, bisa jadi dia kemudian langsung menerima permintaan pertemanan Anda.

Atau bila orang lain ternyata berasal dari universitas yang sama dengan Anda, atau berasal dari kota yang sama dengan Anda, bisa jadi dia langsung menerima Anda tanpa banyak berpikir lagi.

Itulah pentingnya informasi pribadi. Jadi usahakan Anda tuliskan informasi pribadi yang sebenar-benarnya dan selengkap-lengkapnya. Pada dasarnya cara posting itu tidak perlu terlalu ketat aturannya. Anda dapat memposting tentang produk Asuransi Allianz, atau peluang bisnisnya. Namun yang perlu saya ingatkan adalah, perbanyak postingan yang berhubungan dengan keseharian Anda.

Persentase postingan yang paling sesuai menurut saya adalah 30% postingan produk dan bisnis Asuransi, dan 70% postingan keseharian Anda. Tujuannya adalah agar timeline Anda tidak menjenuhkan. Saya pribadi ketika melihat timeline yang isinya hanya jualan, jadi malas sendiri dan biasanya saya block.

Namun bisa sebagian besar postingan Anda justru tentang keseharian Anda sehari hari, maka orang lain tidak akan jenuh bahkan tidak akan menganggap akun kita hanya sebagai akun jualan.

Sekarang saatnya untuk proses merekrut dengan Facebook. Facebook menyediakan aplikasi chat yang disebut Facebook Messenger. Aplikasi ini sangat memudahkan kita untuk berinteraksi dengan teman-teman kita di Facebook.

Sebetulnya sama saja dengan cara offline, untuk merekrut orang lain, Anda perlu membuat list, atau daftar siapa-siapa saja yang akan Anda follow-up. Pastikan orang-orang yang akan Anda follow-up sesuai target market Anda.

Misalkan Anda ingin mempromosikan produk weight loss, maka cari teman-teman yang memang punya masalah di berat badannya. Contoh lain misalkan Anda mempromosikan produk penghilang flek, pastikan buat list orang-orang yang memang memerlukan produk tersebut.

Dengan cara offline, waktu Anda sangat terbatas. Anda harus pergi kesana kemari hanya untuk bertemu calon mitra/agen, kemudian presentasi juga memakan waktu lagi. Dengan menggunakan Facebook, Anda tidak perlu menghabiskan waktu Anda di jalan. Cukup buka Facebook Messenger dan kemudian kontak orang tersebut.

Usahakan untuk mengontak paling banyak 10 orang per hari. Mengapa? Agar Anda bisa fokus terlebih dahulu dengan orang tersebut. Semakin banyak orang yang Anda kontak maka Anda akan semakin pusing memfollow-up mereka. Kecuali Anda sudah memiliki team sendiri sehingga bisa berbagi tugas.

Caranya simple saja. Pada dasarnya teman-teman Anda di Facebook itu adalah orang-orang yang sebelumnya sudah pernah Anda kenal bukan? Mulai dengan menanyakan kabarnya, basa-basi sebentar, kemudian perkenalkan produk asuransi Allianz kepada mereka.

Bila dia tertarik, jangan banyak memberikan informasi lagi, langsung lakukan closing. Cara closing-pun sangat simpel, jangan berikan pilihan ya, atau tidak, tapi berikan saja pilihan produk, arahkan dia ke pilihan produknya.

Simpel bukan? Dari situ bila memang dia suka produk asuransi nya, maka tawarkan untuk ikut bergabung di bisnis Asuransi nya juga.

Ingat! Ada prosesnya, bangun “trust” dulu.

Bagaimana Bila Dia Menolak? Penolakan sudah hal yang wajar di bisnis Asuransi seperti bisnis asuransi Allianz ini. Namun bukan sesuatu yang harus dimasukkan ke hati dan pikiran kita. Go with the flow aja. Mungkin saat ini teman kita menolak, namun bila suatu saat dia sedang memerlukan produk Anda atau perlu mendapatkan income tambahan, maka dia akan mengingat Anda.

Closing dapat terjadi kapan saja, tinggal menunggu momentumnya saja. Yang penting saat ini Anda berikan informasi pada teman-teman dan keluarga Anda bahwa Anda menjual produk yang dapat mengatasi masalah mereka, dan Anda punya peluang bisnis yang dapat memperbaiki kehidupan mereka.

Di bisnis Asuransi Allianz, seringkali kita menghadapi masalah habisnya prospek atau istilah kerennya “penyakit kering” Karena semua orang sudah kita follow-up, maka prospek otomatis habis dengan sendirinya. Itulah pentingnya mencari teman sebanyak-banyaknya. Ngobrol dengan orang lain sebanyak-banyaknya. Tujuannya adalah untuk memperbanyak pertemanan.

Facebook memiliki jumlah user yang luar biasa banyaknya. Rasanya bisa dibikin negara sendiri deh. Calon prospek di Facebook itu nggal bakal habis deh. Jadi gak perlu kuatir. Kita bisa terus menerus mendapatkan calon prospek baru di Facebook.

Facebook menyediakan fasilitas search graph. Anda bisa cari siapapun yang memiliki kesamaan dengan Anda dengan fitur ini. Contoh bila Anda suka sekali olahraga gym, maka Anda bisa cari siapa saja yang suka gym.

Atau bila Anda ingin mencari orang yang satu kota dengan Anda, maka Anda bisa cari orang-orang yang berasal dari daerah yang sama dengan Anda. Bila Anda ingin menawarkan produk asuransi, Anda bisa juga cari orang-orang yang suka dengan produk asuransi.

Intinya, Facebook search graph ini dapat kita gunakan untuk mencari siapa-siapa saja yang bisa konek dengan kita, entah itu dari hobi, asal kota, asal universitas, dan lain sebagainya.

Saya akan berikan contoh bagaimana melakukannya. Buka Facebook Anda sekarang. Pada bagian atas, akan terlihat kotak untuk search. Itulah yang dinamakan Facebook Search Graph. Orang-orang yang suka fitness, biasanya akan “like” page yang berhubungan dengan fitness.

Contoh bila orang tersebut bergabung di club fitness, contoh saja “Gold’s Gym”, maka biasanya orang itu akan like Facebook Page milik Gold’s Gym. Yang perlu Anda lakukan adalah cari kata kunci “Gold’s Gym Indonesia”. Maka akan muncul seluruh postingan, Facebook Page, Facebook Group, dll yang berhubungan dengan Gold’s Gym.

Biasanya Anda cukup pilih tab “People” untuk melihat hanya orang-orang yang memiliki hubungan dengan Gold’s Gym. Maka Anda otomatis mendapatkan semua orang yang memiliki minat yang sama, yaitu gym. Add orang tersebut sebagai teman Anda.

Bila orang tersebut menerima Anda, maka kirimkan pesan atau posting di wall mereka ucapan salam kenal atau terima kasih. Itu adalah awal Anda membangun relationship. Terus berinteraksi dengan orang-orang baru, entah itu komentar di postingan mereka, like postingan mereka, dan lain sebagainya.

Perhatikan problem mereka dan bila Anda menemukan bahwa produk Anda dapat mengatasi masalah mereka, maka mulai follow-up lewat Facebook messenger dan tawarkan produk Anda padanya.

Dengan adanya Facebook dapat sangat membantu kita untuk mengembangkan bisnis Asuransi Allianz. Cara tradisional memang masih dapat berjalan dengan baik, namun dengan adanya Facebook akan sangat mempercepat pertumbuhan bisnis kita.

Facebook menyediakan berbagai fasilitas yang dapat kita gunakan untuk bisnis kita, seperti Facebook Group, Facebook Search Graph, dan lain-lain. Jumlah pengguna Facebook yang begitu banyak juga dapat kita manfaatkan untuk mendapatkan pertemanan baru, sehingga kita nggak akan kehabisan calon prospek.

Bagaimana? Apakah Anda mulai berpikir untuk menggunakan Facebook untuk mengembangkan bisnis Asuransi Allianz sekarang?

daftar menjadi agen asuransi allianz