Keluar dari Perlombaan Tikus

Bangun tidur, langsung mandi, terus buru-buru panasin mobil. Akhirnya cabut, terus masuk tol, dan seperti biasa jalanan macet luar biasa bikin bete. Sampai kantor, banyak banget deadline yang harus dikelarin, dan akhirnya hari ini harus lembur deh.

Eh, tapi saya ngga sedih, karena inget hari ini adalah hari gajian. Yeeyy!! Pulang kerja, mampir bentar ke mall, beli beberapa baju ahh.. Ngelirik ke sebelah kiri, ada diskon sepatu nih. Lumayan nih sepatu bagus banget, beli ah..

Sebelum pulang ke kost, mampir dulu ke Starbucks, beli kopi buat temen nonton Netflixnanti. Sampai kost, langsung inget harus bayar tagihan kost, cicilan handphone baru, cicilan tas branded, dan cicilan mobil.

Terus sedih sendiri, karena saldo tabungan ternyata udah mepet banget. Gimana apakah Anda mengalami hal yang sama seperti cerita diatas?

Jika iya, berarti Anda sudah masuk ke perangkap rat race. Sebetulnya istilah Rat Race populer dari beberapa buku yang ditulis oleh Robert Kiyosaki.

Buat Anda yang belum tahu siapa itu Robert Kiyosaki, beliau adalah seorang penulis buku best seller, yang mengajarkan bagaimana kita seharusnya memandang uang.

Bila Anda pernah membaca buku Rich Dad Poor Dad, Cashflow Kuadrant, Financial IQ, dll, buku-buku tersebut adalah tulisan beliau.

Sekarang kembali ke Rat Race, apa itu Rat Race?

Rat race sebetulnya adalah istilah untuk menjelaskan siklus berulang yang dialami oleh sebagian besar dari kita, dimana siklus ini yang menyebabkan kita ngga pernah bisa sukses secara finansial.

Dalam siklus ini semua orang yang terjebak di dalamnya akan berlomba-lomba untuk mengasilkan uang, namun nampaknya apa yang mereka lakukan sama sekali ngga punya dampak sedikitpun pada finansial mereka, karena mentalitas mereka, kebiasaan buruk mereka, dan keputusan-keputusan yang mereka lakukan.

Mereka terus terjebak dalam hutang.

Mereka terus terjebak dalam kekurangan, meskipun sebetulnya mereka bukanlah orang yang kekurangan.

Mereka terus terjebak dalam gaya hidup yang salah.

Mereka terus terjebak dalam mentalitas yang salah tentang uang.

Jadi di sini saya sengaja buatkan sebuah grafik yang akan memberi gambaran sederhana tentang siklus setan Rat Race ini.

Penjelasan sederhana tentang Rat Race ada pada gambar di bawah ini.

keluar dari perlombaan tikus

Anda bisa melihat siklus setan yang ngga ada habisnya dan terus berulang ini yang akan menyebabkan sebagian besar dari kita ngga bisa sukses secara finansial.

Kita sudah berjuang, bekerja keras untuk menghasilkan banyak uang, namun kebiasaan kita yang konsumtif, kebiasaan kita yang ngga berani menggunakan uang untuk menghasilkan income stream lain, dan pemikiran kita yang salah tentang uang akan menyebabkan kita terus terjebak dalam siklus setan ini.

So, sekarang saya mau tanya, apakah sepertinya hidup Anda sama seperti yang dijelaskan di atas dan Anda langsung ngeh bahwa hidup Anda mirip banget dengan siklus diatas.

Bila iya, berarti Anda sudah terjebak di jebakan Rat Race.

Jebakan Rat Race biasanya menjangkiti orang-orang yang hanya memiliki satu income stream atau satu sumber pendapatan, dan orang tersebut memiliki mindset yang salah tentang uang.

Untuk mendeteksi apakah Anda sudah terjebak di lingkaran Rat Race itu mudah saja. Bila Anda berada di siklus seperti di atas ini, itu mengindikasikan bahwa Anda sudah terjebak di dalam perlobaan tikus.

So sebetulnya inti dari semuanya adalah “The Right Mindset“.

Ketika mindset atau cara berpikir Anda tentang uang sudah benar, maka ngga perlu takut dengan siklus rat race. It’s okay jika hanya punya satu income stream, namun gunakan pendapatan Anda satu-satunya untuk hal-hal yang bermanfaat.

Investasikan uang Anda untuk hal-hal yang dapat membawa Anda menuju sukses, seperti investasi leher keatas, investasi ke bisnis baru, dan lain sebagainya.

Intinya Anda harus bijak menggunakan uang. Kelola uang dan gunakan uang Anda untuk menghasilkan pundi-pundi uang lainnya.

Belajar untuk menahan emosi, dan hidup sederhana saja, ngga perlu berlebihan, dan ngga perlu memenuhi gaya hidup mewah bila saat ini Andabelum bisa memenuhinya.

Kejar sukses secara finansial dulu hingga pendapatan Anda bisa memenuhi gaya hidupmu. Anda dapat memulai sebuah bisnis baru seperti bisnis asuransi Allianz untuk mengejar sukses secara finansial yang lebih cepat.

Ingat, semua bisnis harus dijalankan dengan serius dan tekun. Termasuk juga bisnis asuransi Allianz ini. Tidak ada yang namanya setelah join ke bisnis ini, trus uang otomatis akan masuk ke kantong Anda setiap bulan tanpa Anda harus ngapa ngapain.

Setiap bisnis butuh usaha. Jika saat ini Anda sudah terjebak dalam perlombaan tikus maka inilah saatnya untuk menambah sumber pendapatan Anda dengan memulai bisnis asuransi Allianz ini.

daftar menjadi agen asuransi allianz