Fakta Tentang Bisnis Asuransi Allianz

“Yaahh, kena deh gue!”, Ini biasanya kata-kata yang bakal muncul dari orang yang sadar dia sedang diprospek untuk bergabung menjadi mitra/agen di bisnis Asuransi. Banyak banget orang yang skeptis terhadap bisnis ini, dan inilah fakta tentang bisnis asuransi.

Apakah seburuk itu bisnis asuransi? Sebetulnya bukanlah bisnis asuransi nya yang buruk, karena pada dasarnya bisnis asuransi hanya metode pemasaran produk asuransi nya saja. Sedangkan yang bikin buruk adalah orang-orang yang menjalankannya.

Misalnya cara mereka memasarkan produk dan menawarkan bisnis cenderung salah, banyak yang membesar-besarkan sesuatu, bahkan yang paling sadis lagi, mereka sampai menipu.

Salah satu contoh adalah dengan mengatakan membayar premi asuransi cukup hanya sampai 10 tahun saja trus selanjutnya premi asuransi nya tidak perlu dibayarkan lagi karena polis asuransi nya akan tetap aktif selamanya sampai si tertanggung nya meninggal dunia.

Ini jelas jelas menipu dan salah. Hanya karena ingin agar dagangannya laku maka ada segelintir agen asuransi yang tega untuk melakukan cara pemasaran yang tidak etis seperti ini. Ujung ujungya tentu nasabah nya yang menjadi korban. Kan kasihan sekali.

Selain itu juga ada yang merekrut mitra/agen baru dengan mengatakan bahwa bisnis asuransi ini bisa merupakan bisnis yang mudah membuat Anda menjadi kaya dalam sekejap. Ongkang ongkang kaki saja, duit akan datang dengan sendiri nya. Saya yakin kebanyakan orang awam akan termakan tipuan-tipuan bahwa bisnis  asuransi ini adalah bisnis mudah. Dengan kerja sedikit, maka uang akan mengalir deras.

Beranjak waktu, saya sadar bahwa bisnis Asuransi tidak seperti yang kebanyakan orang pikir. Bisnis asuransi ini tidaklah mudah, namun bila dikerjakan dengan sungguh-sungguh, maka tentunya hasilnya akan luar biasa.

Bila Anda skeptis terhadap bisnis ini, maka Anda sudah berada di jalur yang tepat, karena faktanya, bisnis Asuransi bukanlah bisnis yang mudah. Dan kenyataanya, bisnis ini seperti bisnis lainnya yang memerlukan kerja keras dan waktu untuk berkembang.

Fakta 1. Bisnis Asuransi Adalah Bisnis Dengan Modal dan Tingkat Resiko Paling Kecil

Berapa modal yang Anda perlukan untuk memulai bisnis ini? Tidak besar kok bahkan cenderung gratis karena modal yang dikeluarkan di awal itu digunakan melengkapi Anda dengan tools yang diperlukan untuk memulai bisnis ini. Sedangkan untuk bergabungnya sendiri sebenarnya gratis.

Lalu bagaimana dengan resiko bisnis ini? Bisa dibilang bisnis Asuransi itu tanpa resiko, mengapa? Karena modalnya kecil dan juga Anda nggak perlu mengelola banyak hal. Anda nggak perlu memikirkan produksi produk, stock barang, pengiriman, gudang, dll. Yang perlu Anda pikirkan hanya 2 hal, yaitu pemasaran produk asuransi dan perekrutan mitra/agen baru.

Karena pada dasarnya bisnis Asuransi adalah bisnis pemasaran produk dan peluang bisnis. Jadi skill marketing menurut saya sangatlah penting di sini.

Fakta 2. Setiap Saat ada saja Beberapa Bisnis Asuransi yang Baru

Ini nggak bisa dipungkiri loh, apalagi di Indonesia yang jumlah penduduknya merupakan terbesar ke 4 di dunia. Bisnis Asuransi walaupun dipandang sering skeptis, namun banyak juga pemain baru yang masuk ke industri ini baik pemain lokal maupun pemain dari luar.

Meningkatnya perusahaan Asuransi baru di Indonesia berbanding lurus dengan meningkatnya orang-orang yang masuk ke bisnis asuransi sebagai mitra/agen. Entah mereka berpindah dari perusahaan Asuransi yang satu ke yang lainnya, atau mereka adalah para karyawan yang ingin mengadu nasib sebagai pengusaha asuransi.

Dari beberapa fakta tersebut saya yakin kalau model bisnis ini bakal bertahan lama bahkan beberapa puluh atau ratusan atau bahkan ribuan tahun ke depan. Intinya, orang-orang yang tertarik untuk bergabung di bisnis asuransi sebagai mitra/agen selalu meningkat dari tahun ke tahun, dan inilah faktanya.

Fakta 3. ASURANSI Adalah Bisnis Legal karena skemanya mirip piramida

Banyak yang bilang bahwa bisnis Asuransi berskema piramida dan artinya bisnis ini adalah bisnis ilegal. Padahal semua bisnis itu memiliki skema piramida.

Coba saja Anda gambarkan bagaimana skema di sebuah perusahaan. Ada CEO di posisi paling atas, kemudian ada kepala divisi di bawah CEO, kemudian ada team lead di bawah kepala divisi, dan kemudian staff biasa dibawah team lead. Bila digambarkan, bentuknya pasti piramida.

Sekarang coba Anda gambarkan juga skema di perusahaan retail. Pemilik pabrik akan berada di posisi paling atas, kemudian ada distributor-distributor yang berada dibawah pabrik, kemudian ada agen-agen yang berada dibawah distributor, kemudian terakhir konsumen. Bila digambarkan, bentuknya juga pasti akan seperti piramida.

Lalu mengapa mereka tidak dianggap ilegal? Padahal orang yang berada di posisi paling atas adalah orang yang paling kaya. Bukankah konsep seperti ini ilegal menurut orang orang tersebut?  Beberapa orang yang langsung beranggapan bahwa bisnis Asuransi adalah ilegal itu mungkin mengalami hal yang tidak mengenakkan dengan bisnis ini.

Entah mereka korban prospek “tidak benar” dari sahabat-sahabat atau saudara saudara nya. Atau bahkan mereka telah ditipu, sehingga mereka langsung menyamaratakan bisnis Asuransi dengan bisnis penipuan.

Bisnis Asuransi yang benar justru memberikan keuntungan yang unik. Karena Anda sebagai mitra/agen bisa mengalahkan posisi upline Anda bila upline Anda tidak pernah bekerja keras untuk membangun jaringannya. Semuanya tergantung kerja keras dan usaha Anda.

Fakta 4. Banyak Orang Yang Bergabung Di Bisnis ASURANSI Dan Gagal

Euforia sesaat bisa membuatn Anda gagal di bisnis ini. Apalagi bila Anda mudah banget termakan janji-janji muluk yang diberikan oleh orang lain. Mungkin banyak yang pernah mengalaminya.

Sebelum bergabung biasanya mereka memikirkan hal-hal menyenangkan seperti mereka nggak perlu kerja dan uang dengan deras mengalir. Mereka juga membayangkan bisa memiliki rumah dan mobil mewah dalam waktu singkat. Itu semua karena mereka termakan oleh kata-kata yang dilontarkan oleh orang lain.

Dan ternyata kenyataannya tidak seperti itu. Bisnis ini gak  bisa berjalan dengan singkat, perlu waktu dan proses sama seperti bisnis lainnya. Itulah fakta bisnis asuransi termasuk bisnis asuransi Allianz ini. Saya yakin banyak banget yang mengalami hal sama seperti itu. Mungkin mereka join di bisnis asuransi karena janji-janji tersebut, atau mungkin karena memang tertipu.

Dan kemudian setelah beberapa waktu tidak kunjung menghasilkan, maka mereka merasa bisnis ini tidak bisa berjalan dan akhirnya mereka berhenti menjalankan bisnis asuransi ini. Lingkaran setan ini akan terus berjalan bila Anda nggak melek pada realita bisnis yang sebenarnya.

Bisnis adalah bisnis.

Untuk mengembangkan bisnis Asuransi, kita harus berpikir seperti pengusaha yang mengembangkan bisnisnya sendiri. Bakal banyak problem yang muncul, bakal banyak tantangan yang muncul, but if you’re an entrepreneur, then face it. Jangan Manja…

daftar menjadi agen asuransi allianz