Cara Memulai Bisnis Asuransi Allianz

Memulai bisnis Asuransi itu tidak sulit, yang sulit itu prosesnya. Anda hanya perlu mencari perusahaan Asuransi yang ada di Indonesia, kemudian mendaftarkan diri menjadi mitra bisnis atau agennya.

Tapi saya sarankan untuk berhati-hati memilih perusahaan Asuransi, karena ada perusahaan yang memiliki sistem buruk, dan merugikan mitra/agen nya. Pilih perusahaan asuransi yang memang sudah terjamin kredibilitasnya, sudah lama berdiri, dan memiliki nama yang terkenal di seluruh dunia serta kuat secara keuangan.

Coba cari perusahaan asuransi mana yang cocok dengan minat Anda. Pelajari produk nya, trus sistem bisnis nya. Yang paling utama adalah pelajari produk asuransi nya sehingga Anda bisa mengetahui apakah produk nya bagus dan mudah untuk dijual nantinya.

Setelah mengetahui fitur dan manfaat proteksi dari produk asuransi nya, kemudian lihat juga apakah preminya terjangkau dan kompetitif atau tidak jika dibandingkan dengan kompetitor nya.

Jika harga premi nya terlalu mahal juga akan menyulitkan Anda sebagai mitra/agen untuk memasarkannya nantinya. Setelah urusan produk beres, barulah beralih ke sistem bisnis nya. Pelajari apakah sistem bisnis nya bagus dan bisa dijalankan?

Jangan sampai sistemnya sulit untuk dijalankan sehingga sebagai mitra/agen malah berdarah darah dan akhirnya capek sendiri sehingga jadinya mundur satu persatu.

Lihat juga kira kira dengan sistem bisnis yang ditawarkan, jika dijalankan secara serius, berapa lama Anda bisa mencapai kemapanan secara finansial? Bukankah mapan secara finansial merupakan cita cita Anda semua saat menjalankan sebuah bisnis bukan?

Masing-masing perusahaan pastinya memiliki produk dan sistem bisnis yang berbeda-beda, jadi lebih baik Anda membandingkan antara satu perusahaan dengan perusahaan yang lain, mana yang paling cocok dengan keinginan Anda.

Bila Anda ingin memulai bisnis asuransi namun masih kebingungan mau mendaftar di perusahaan yang mana, maka Anda bisa bergabung dengan grup kami. Tentunya kami tidak sembarangan menerima siapa saja yang mau bergabung namun harus melalui proses seleksi dan ada persyaratan yang wajib dipenuhi.

Wajib memiliki Mindset Yang Benar

Namanya bisnis, semuanya sama, perlu dedikasi, dan kerja keras. Banyak orang yang bergabung di bisnis asuransi karena tergiur dengan iming-iming kerja mudah, dan dapat passive income. Passive income itu bisa didapat setelah seseorang bekerja keras hingga mencapai titik tertentu, yaitu kesuksesan finansial.

Sama halnya di bisnis Asuransi. Ada tahapan yang harus dilewati. Bila Anda konsisten dan pantang menyerah, maka saya bisa pastikan Anda akan berhasil di bisnis ini.

Intinya, jangan berpikir bahwa bisnis Asuransi adalah bisnis yang mudah, tinggal ongkang-ongkang kaki dan duit akan mengalir dengan sendirinya. Ini omong kosong. Mimpi di siang bolong namanya.

Yang pasti, Anda harus bekerja keras untuk bisa sukses di bisnis ini seperti halnya bisnis apapun yang Anda geluti.

Memasarkan Produk Asuransi dan Peluang Bisnis Asuransi

Untuk memasarkan produk asuransi dan peluang bisnis Asuransi, biasanya orang-orang akan mengajarkan cara konvensional, yaitu direct selling atau direct marketing.

Anda harus secara langsung bertemu calon nasabah atau calon downline Anda atau langsung menelepon mereka. Para prospek ini biasa disebut dengan “lead”. Lead ini bisa siapa saja seperti teman-teman ataupun keluarga Anda.

Anda harus membangun hubungan dengan mereka sehingga terbentuk “trust”. Baru setelah itu Anda dapat mulai menawarkan produk atau peluang bisnis asuransi kepada mereka.

Cara ini memang dapat berhasil bila Anda mempunyai mental baja, dan gak  takut dihindari oleh teman atau bahkan keluarga Anda. Namun di zaman sekarang ada cara lain untuk mempromosikan  produk atau peluang bisnis Anda, yaitu melalui internet. Saya akan bahas cara ini pada artikel lainnya.

Bersiaplah Menghadapi Penolakan

Bila Anda melakukan pemasaran dengan direct selling atau direct marketing, maka bersiaplah untuk menghadapi penolakan. Namun justru penolakan inilah yang akan membuat mental Anda kuat. Ini beneran terbukti loh! Semakin sering Anda ditolak, maka semakin kuat mentalmu.

Biasanya perusahaan Asuransi akan mengadakan training-training cara marketing, dan setahu saya, biasanya akan ada satu sesi yang khusus membahas “How to handle rejection”. Disini Anda akan belajar bagaimana merespon penolakan, dan menerima penolakan tersebut sebagai proses untuk menuju sukses.

Ada cara lain untuk memasarkan produk asuransi dan peluang bisnis asuransi tanpa penolakan sama sekali, bahkan seringkali calon klien  yang menghubungi untuk membeli produk atau calon mitra/agen yang malahan mengontak untuk bergabung di grup kami. Ini akan saya share di artikel lainnya nanti.

Membangun Tim

Team building itu sangat penting dalam bisnis ASURANSI, mengapa? Karena kunci sukses bisnis ini ada pada team yang solid dan aktif. Seperti yang saya bahas sebelumnya, semakin solid dan besar tim Anda, maka semakin besar keuntungan yang bakal didapat.

Oleh karena itu Anda akan sering menemui training-training tentang leadership di dalam komunitas Asuransi, sebab training seperti itu memang sangat penting.

Perusahaan Asuransi berupaya untuk menciptakan leader-leader baru. Bila seorang leader mampu membangun satu tim yang solid yang beranggotakan 10 orang, maka coba bayangkan saja bila 10 orang di dalamnya juga menjadi leader.

Berapa banyak orang yang bakal bergabung di tim itu. Dan coba bayangkan berapa banyak komisi yang mengalir ke masing-masing leader, bila seluruh anggotanya solid dan aktif.

Itulah pentingnya membangun tim di dalam bisnis asuransi ini.

Internet Way

Zaman sudah berubah dan berkembang. Ini jaman disruptive, dimana orang yang tidak dapat beradaptasi dengan hal baru akan tertinggal.

Bisnis juga sama saja, ketika orang masih menggunakan cara konvensional untuk berbisnis, maka bisnisnya akan tertinggal jauh dibelakang. Sekarang ini zaman serba instan dan super cepat, dan bisnis-pun harus berjalan dengan cepat, bahkan jika mungkin dapat berjalan secara otomatis.

Sekarang saya mau tanya? Setelah Anda bergabung menjadi mitra bisnis asuransi, bagaimana cara Anda memasarkan produk asuransi ataupun peluang bisnis asuransi kepada orang orang?

Apakah Anda masih mengumpulkan daftar kontak seluruh keluarga dan teman-temanmu, menghubungi mereka satu persatu, dan terus menerus meminta mereka untuk bergabung dengan grup  Anda?

Jika iya, itu artinya Anda masih menggunakan cara lama untuk memasarkan bisnis Asuransi Anda. Komputer sudah semakin canggih sekarang, apalagi koneksi internet, semakin cepat dan murah. Mengapa Anda tidak memanfaatkannya untuk memasarkan bisnismu?

“Tapi saya kan gaptek..”

Itu bukan alasan sih. Seorang pebisnis/pengusaha atau istilah kerennya entrepreneur itu harus terus belajar, dan tidak boleh stop mengeksplore hal-hal baru. Investasi leher ke atas merupakan hal yang wajib agar Anda bisa selalu mendapatkan pengetahuan dan skill skill baru.

Sekarang ini Anda bisa memasarkan peluang bisnis asuransi Anda dengan internet. Banyak media yang dapat digunakan, seperti website, dan social media seperti instagram, twitter, facebook, youtube, ataupun linkedin.

Powerfulnya lagi Anda dapat memperoleh calon downline yang tak terbatas. Kok bisa? Ya, karena Anda bukan hanya get in touch dengan orang-orang di sekeliling Anda doang yang selama ini telah Anda kenal, namun Anda juga bisa menawarkan kepada orang-orang yang notabene belum pernah Anda kenal sebelumnya. Hebat kan?

“Bukankah sulit ya untuk menawarkan peluang bisnis Asuransi pada orang-orang baru?” Sebenarnya tidak juga, jika Anda tahu caranya.

Bahkan dengan menggunakan cara marketing yang akan saya implementasikan, Anda tidak perlu bersusah-susah untuk memprospek orang-orang, gak ada lagi kesan memaksa, gak ada lagi penolakan, dan Anda tidak akan lagi dihindari oleh teman-teman bahkan keluarga Anda sendiri.

Saya tekankan sekali lagi bahwa bisnis Asuransi ini bukanlah bisnis yang mudah. Pada dasarnya sebenarnya tidak ada bisnis yang mudah, semuanya pasti ada tantangannya, sama seperti hidup, penuh tantangan. Hanya orang yang sudah mati yang tidak menghadapi tantangan apa apa lagi.

Jangan pernah percaya pada omongan orang yang bilang bahwa Anda akan cepat mendapatkan uang dan tinggal ongkang-ongkang kaki setelah bergabung menjadi mitra bisnis asuransi. Itu omong kosong! Bull Shit.

Mindset seperti ini yang biasanya membuat orang-orang yang bergabung cenderung cepat down dan akhirnya menyerah, karena mereka terlalu diberikan ekspektasi yang berlebihan, sehingga ketika ekspektasi mereka tidak terjadi dalam waktu singkat, mental mereka down dan akhirnya menyerah.

Banyak hal yang harus dibangun dalam menjalankan bisnis asuransi ini. Seperti self-improvement, team building, loyal customer, dan lain sebagainya. Intinya bisnis Asuransi adalah bisnis sesungguhnya jadi perlakukanlah juga seperti bisnis konvensional lainnya.

daftar menjadi agen asuransi allianz