Bagaimana Cara Meraih Impian

Sebagaimana kalau kita disodorkan makanan yang lezat, selalu kita penasaran dengan resep dari pembuatnya. Karena bila kita mau membuat makanan itu dengan melakukan coba coba tanpa tahu resepnya, ada kemungkinan hasil yang diperoleh tidak sama. Atau membutuhkan waktu yang relatif lebih lama untuk memperoleh hasil yang diharapkan.

Bahkan kadang butuh pengorbanan dimana harus mengalami kerugian material yang banyak. Yang lebih rugi adalah ketika mengalami kerugian waktu. Karena waktu tidak bisa kembali, usia makin bertambah.

Oleh karena itu kita harus mencari tahu apakah resep untuk Sukses, sebagaimana yang telah dilakukan oleh orang orang sukses. Kita perlu belajar dari orang orang tersebut, yang mana ada ‘benang merah’ antara orang sukses yang satu dengan orang sukses yang lain.

Dan setelah itu…

BERTINDAK !!!

Sebenarnya hal yang harusnya tidak perlu dijadikan pokok bahasan. Karena sebagus apapun perencanaan impian yang dibuat hanya akan jadi impian dalam tidur bila tidak ada tindakan.

Takut gagal adalah alasan klasik. Harus mengerti dengan detil baru akan melangkah, adalah salah satu bentuk penundaan. Karena tidak satupun yang sempurna. Namun bertindak sambil belajar adalah keputusan yang bijaksana.

Namun, jangan lupa…

PUNYA KEPEKAAN..

Bila Anda domisili di Surabaya, dan punya tujuan ke Bali, tepatnya ke Denpasar dengan mengendarai mobil. Perkiraan jarak tempuh normal sekitar 10 jam. Setelah Anda cek semua kelengkapan dan kondisi mobil maka Anda siap berangkat. Anda perlu pastikan lewat jalan mana dan arah mana untuk menuju Denpasar.

Lewat 3 jam berjalan, Anda harus memastikan bahwa arah Anda benar dan berada di daerah yang sesuai dengan jarak waktu tempuh. Setelah 3 jam harusnya Anda sudah berada lewat kota Probolinggo atau Paiton. Inilah yang dinamakan KEPEKAAN. Jangan sampai ketika lewat 3 jam, Anda malah berada di arah menuju ke Jawa Tengah. Ini tentunya Anda telah bergerak (Action) selama 3 jam namun ke arah yang salah.

Demikian juga ketika Anda cek dalam 3 jam dan Anda ternyata masih berada di Pandaan. Berarti Anda bergerak terlalu lambat. Dengan mengadakan cek beberapa saat, itu akan membuat Anda tahu kondisi terbaru seperti apa. Sehingga bila mengetahui ada ketidak sesuaian, Anda masih punya waktu untuk memperbaikinya. Hal seperti ini yang sering dilupakan oleh banyak orang.

Mereka bertindak, bekerja keras tanpa kenal waktu, namun ternyata bergerak kearah yang salah, atau bergerak terlalu lambat karena salah strategi. Sehingga hasil yang dicapai tidak sesuai dengan yang diharapkan.

MENGGUNAKAN CARA YANG SAMA DAN MENGINGINKAN HASIL YANG BERBEDA adalah salah satu bentuk kegilaan dalam hidup. Jadi bila ingin hasil yang berbeda, Anda harus menggunakan cara yang berbeda.

Dan akhirnya…

harus FLEKSIBEL…

Jangan sampai kita terjebak dengan kata kata bahwa untuk meraih sukses kita harus konsisten dan persisten. Banyak di antara kita, ‘terjebak’ dengan kata konsiten dan persisten yang banyak digunakan oleh para motivator. Sehingga mereka tetap melakukan hal yang sama, cara yang sama, dan pada KENDARAAN YANG SAMA. Hal ini yang membuat banyak orang yang berjalan di tempat, atau bergerak ke depan dengan sangat lambat.

Seekor lalat ingin menuju lampu, sedangkan di depannya terhalang sebidang kaca bening. Setiap kali si lalat tersebut terbang menuju lampu, tentu saja badannya akan terus menabrak kaca bening tersebut. Dia melakukan terus, konsisten, dan persisten melakukannya. Apakah yang terjadi? Ya benar, lalat tersebut akhirnya mati. Mati kelelahan, atau mati karena frustrasi.

Gambaran itu juga berlaku bagi kita. Ketika arah menuju impian terhalang, kita harus peka, dan kita berani untuk mengubah cara, mengubah arah, untuk tetap on the track.

Sering kita melihat banyak orang tetap melakukan cara yang sama, mereka konsisten dengan cara yang sama, mereka persisten dengan tetap gigih melakukannya dengan hal yang sama. Dan mereka ‘mati’. Mereka menganggap dirinya gagal. Karena telah bekerja sekuat tenaga, namun tidak menghasilkan seperti yang diharapkan.

Kepekaan akan arah tujuan harus diresponi dengan keluwesan dalam mengadakan perubahan seperti Perubahan strategi, perubahan cara, atau perubahan pola pikir, untuk menuju arah yang diharapkan dalam tujuan awal.

Flexibel atau keluwesan bisa dalam banyak aspek. Karena bila kita dari Surabaya mau ke Jakarta, banyak alternatif untuk mencapainya. Kalaupun kita memutuskan untuk menggunakan salah satu alat transportasi, banyak alternatif yang bisa menjadi pilihan dengan segala konsenkuensinya.

Bila kita memutuskan menggunakan mobil, jelas waktunya akan lebih lama bila dibandingkan dengan menggunakan pesawat. Namun harga pesawat akan lebih mahal bila dibandingkan menggunakan mobil. Pesawat pun akan mempunyai banyak pilihan, low cost atau premium.

Anda sendiri yang tahu dengan pasti apa yang harus dipilih. Anda yang mengerti tentang sumber daya yang dimiliki.

Seorang anak muda ingin memiliki rumah sendiri ketika menikah. Dia mempunyai gambaran tentang rumah idamannya. Dia perlu mencari tahu harga rumah yang diharapkan.

Karena dengan mengetahui harga rumah tersebut, maka dia bisa mengukur kemungkinan untuk mencapainya. Apakah bisa dicapai dengan melalui pekerjaan yang dilakukannya saat ini atau dia perlu mencari penghasilan tambahan agar impiannya dapat tercapai dalam waktu yang diharapkan.

Inilah salah satu yang disebut sebuah keluwesan. Jangan sampai dia melakukan kerja keras dengan cara yang sama, namun penghasilan yang diperoleh tidak memungkinkan dia memperoleh rumah tersebut, atau bisa membeli rumah tersebut saat dia sudah mencapai usia 60 tahun.

Jadi, untuk sukses mencapai impian, Anda bisa mengevaluasi dengan resep sukses yang banyak dipergunakan oleh orang orang yang sudah sukses. Dan pengetahuan ini akan sempurna bila Anda benar benar mempraktekkan nya dalam kehidupan nyata. Bagaimana menurut Anda?

daftar menjadi agen asuransi allianz