Alasan Jangan Memakai Website Replika

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa saya tidak setuju dengan penggunaan website replika untuk menjalankan bisnis asuransi yang saya jalankan saat ini.

Terlalu Dibatasi

Alasan lain mengapa saya tidak menggunakan website replika adalah karena akses yang terlalu terbatas. Biasanya kita hanya dapat menggunakan website seperti ini tanpa bisa merubah konten atau tulisan di website tersebut, atau bahkan tidak dapat merubah desain websitenya.

Apalagi url-nya. Biasanya web replika akan memiliki url dengan nama agency, seperti www.thestaragencycom/promosi?id=pakganteng (contoh Agency nya bernama The Star dan pakganteng itu adalah username unik yang berbeda beda untuk setiap agen/mitra).

Padahal menurut saya pribadi, untuk dapat mempromosikan produk atau bisnis dengan baik, maka kita perlu branding yang bagus, desain yang oke, dan konten yang bagus.

Agar konten website kita dapat engage visitors, maka kita harus membuat konten artikel yang bagus, dengan desain yang menarik pula, oleh karena itu website replika seharusnya dapat memfasilitasi hal tersebut. Kita harus dapat mengedit konten, bahkan menambahkan konten di website kita. Namun biasanya web replika tidak dapat melakukannya.

Saya nggak tahu ya, mungkin sudah ada website replika yang memiliki fasilitas tersebut, tapi yang saya ketahui sih selama ini website replika seperti itu tidak memiliki fasilitas tersebut. Itulah concern saya mengapa website replika tidak saya gunakan, karena jujur, saya tidak dapat memaksimalkan website saya sendiri untuk promosi online. Akses yang saya miliki sangat amat terbatas.

SEO (Search Engine Optimization)

Ini memang sangat teknis jika ngomongin tentang SEO. Tapi dalam promosi online, SEO sangat penting, apalagi jika Anda mengandalkan mesin pencarian Google sebagai media promosi online.

SEO adalah berbagai hal yang harus kita kerjakan baik di website kita (on-site SEO), maupun di luar website kita (off-site SEO), yang tujuannya agar website kita dapat menduduki halaman pertama atau bahkan menduduki peringkat pertama di mesin pencarian Google.

Setiap kita membuat website untuk promosi, maka kita harus memaksimalkan SEO website tersebut. Bila Anda hanya memiliki website replika, maka pada dasarnya Anda hanya bisa pasrah dengan kondisi SEO di website tersebut. Satu satutnya ang dapat Anda maksimalkan hanya dari sisi off-site SEO nya saja seperti link building tadi.

Saya akan bahas bagaimana memaksimalkan SEO di artikel lainnya nanti. Intinya mendingan membuat website sendiri agar SEO nya dapat kita maksimalkan.

Saturated/Jenuh

Anda mendaftar di perusahaan asuransi dan agency Anda kemudian memberikan website replika, dan sekarang Anda siap untuk mempromosikannya secara online. Pernah nggak Anda berpikir, berapa jumlah agen/mitra dari agency asuransi tersebut?

Sepuluh.. Seratus.. Seribu.. atau Ratusan Ribu orang?

Saya yakin agency tempat Anda bergabung pasti sudah memiliki ribuan bahkan puluhan bahkan mungkin ratusan ribu agen/mitra. Jika semua anggota memiliki website replika yang sama, dan mereka mempromosikan website dengan desain dan konten yang sama pula maka bisa jadi website replika dari agency asuransi tersebut sudah terlalu saturated.

Orang jadi jenuh banget ketika mencari informasi di internet, yang muncul adalah website yang sama, baik secara tampilan maupun konten. Ini juga berarti, Anda memiliki ribuan bahkan ratusan ribu saingan dengan cara promosi yang sama.

Sekarang tergantung pintar-pintarnya Anda membuat website replika Anda menjadi nomor satu diantara website replika sejenis yang lain.

Jika memang Anda tidak bisa merubah tampilan atau bahkan menambah konten website replika Anda, maka saya sarankan agar Anda memaksimalkan link building Anda, atau mulai mempromosikan website Anda  dengan cara memasang iklan baik di google, bing, ataupun facebook.

Link building adalah salah satu strategi off page SEO untuk menambahkan tautan atau url website Anda di beberapa website. Google sendiri memberlakukan penilaian berdasarkan jumlah tautan yang dipunyai website Anda dan juga kualitas tautan/link nya.

Semakin bagus dan semakin banyak website yang memiliki tautan ke website Anda, maka semakin bagus ranking Anda di Google. Dengan link building, diharapkan apabila ada orang yang mencari produk atau bisnis Anda di Google, maka website replika Anda yang akan muncul di halaman pertama Google.

Tidak Dapat Menerapkan Personal Branding

Saya belajar bahwa personal branding itu sangat penting untuk kesuksesan bisnis Asuransi. Ada segelintir orang yang mau bergabung menjadi agen/mitra ke bisnis Asuransi kita bukan karena perusahaannya, bukan pula karena produknya, namun karena mereka menaruh kepercayaan kepada kita. Kitalah sebetulnya alasan orang mau join ke bisnis Asuransi yang sedang kita jalankan sekarang.

Coba Anda berkenalan dengan orang-orang baru di jalan, kemudian langsung menawarkan kepada mereka untuk join bisnis Asuransi Anda. Saya jamin mereka pasti akan langsung menolak Anda mentah-mentah.

Mengapa? Karena belum ada trust. Apalagi di negara kita, orang-orang sudah sangat berpikiran negatif dengan yang namanya Asuransi. Kalau kita nggak membangun trust dulu, maka bakal sulit bagi orang lain untuk bisa join di bisnis kita.

Jadi both Trust and Personal Branding is very Important.

Kita perlu membangun personal branding, tujuannya apa? Agar kita mendapatkan trust bukan hanya dari keluarga, dan teman, namun juga dari orang-orang baru. Untuk membangun personal branding secara online, kita perlu media online, salah satunya website. Dan website kita harus yang benar-benar bisa dicustomize.

Artinya, kita memiliki desain website sendiri, kita memiliki konten-konten terbaik milik kita sendiri, dan lain sebagainya. Sekarang coba bayangkan saja bila url website kita terdapat nama agency, seperti yang saya contohkan sebelumnya.

Atau bahkan desain website kita terlalu pasaran. Juga konten di website kita yang tidak memiliki karakter dan sama seperti website replika lainnya. Bisa dipastikan kita nggak bakal bisa membangun personal branding kita. Yang ada ya kita hanya jualan produk dan tidak membangun bisnis.

daftar menjadi agen asuransi allianz